Tuesday, October 16, 2018

SEDIKIT PENJELASAN TENTANG UEFA NATION LEAGUE

BolaBoli - Turnamen anyar berjuluk UEFA Nations League (UNL) sudah memasuki akhir tahap awal. UNL saat ini sudah melibatkan sistem promosi, degradasi dan perlombaan menuju final.



UNL memang beru dikenalkan musim ini. Pada dasarnya, UNL diciptakan UEFA dengan tujuan meningkatkan kualitas laga uji coba internasional. UNL juga memberi kesempatan negara-negara lemah untuk berlaga di ajang Euro 2020.

Meski sempat diragukan, ternyata UNL tetap berjalan dengan segala pro dan kontra yang mengelilinginya. Saat ini beberapa tim bahkan mulai serius menghadapi UNL dengan tujuan merebut tiket ke Euro 2020.

Menukil fourfourtwo, berikut tim-tim yang bersaing menuju semifinal serta tim yang mengharapkan promosi dan menghindari degradasi:

Cara Kerja UNL
UNL diikuti 55 negara Eropa yang terbagi dalam empat liga, yakni Liga A, B, C dan liga D. UEFA Memastikan persaingan akan berjalan ketat di tiap liga. Liga A melibatkan tim-tim terbaik dengan nilai koefisien yang lebih tinggi, Liga B lebih rendah dan begitu seterusnya.

UNL juga langsung berpengaruh pada Euro 2020. Sebelumnya Euro selalu diikuti 24 tim terbaik Eropa yang bersaing di kualifikasi dan babak play-off yang biasanya cukup lama. Kini, setelah adanya UNL, perhitungannya jadi lebih mudah. Kualifikasi Euro akan terbagi dalam 10 grup, dua tim pemuncak grup otomatis lolos ke partai final, yang berarti ada 20 tim lolos ke babak final EURO.

Empat slot lainnya akan diberikan pada pemenang play-off UNL, yakni juara tiap grup pada setiap liga UNL (4 liga) akan bertemu di babak play-off untuk merebut satu slot ke EURO 2020.

Saat ini persaingan di Liga A berjalanan ketat demi menembus final. Sedangkan tim-tim di Liga B berusaha merebut tiket promosi ke Liga A.

2 dari 5
Liga A: Perlombaan Menuju Final
Liga A: Perlombaan Menuju Final
UEFA Nations League. © UEFA
Grup 1: Prancis, Belanda, Jerman
Klasemen: Prancis berada di puncak dengan empat poin dari dua pertandingan, satu poin di atas Belanda dan tiga poin dari Jerman. Karena Jerman baru saja kalah dari Prancis, tim asuhan Joachim Loew itu hanya bisa merebut posisi kedua.

Grup 2: Belgia, Swiss, Islandia
Klasemen: Belgia dan Swiss memiliki enam poin, Belgia unggul karena rekor head to head. Swiss harus mengalahkan Belgia dengan selisih dua gol jika ingin lolos ke final. Islandia yang tanpa poin telah terdegradasi

Grup 3: Portugal, Italia, Polandia
Klasemen: Portugal berada di puncak dengan enam poin dari dua laga, dua poin di atas Italia. Portugal cukup bermain imbang dengan Italia di laga terakhir untuk mencapai semifinal. Polandia sudah terdegradasi.

Grup 4: Spanyol, Inggris, Kroasia
Klasemen: Spanyol berada di puncak dengan selisih dua poin dari Inggris. Spanyol bisa mencapai babak berikutnya jika mengalahkan Kroasia November nanti.

Promosi
Liga B: Ukraina dan Rusia butuh hasil imbang untuk naik kelas. Bosnia-Herzegovina juga butuh satu poin lagi untuk jadi pemuncak klasemen. Austria, Republik Ceko, Denmark, Republik Irlandia, Slovakia, Swedia dan Wales juga masih bisa promosi.

Liga C: Israel dan Finlandia butuh satu poin lagi untuk promosi. Bulgaria akan naik kelas jika mengalahkan Norwegia dan Siprus gagal mengalahkan Slovenia. Serbia akan menjadi pemuncak klsemen jika mengalahkan Montenegro dan Romania kalah dari Lithuania.

Liga D: Georgia butuh satu kemenangan lagi untuk nak kelas. Luxembourg harus mengalahkan Belarus jika ingin promosi, hal yang sama berlaku untuk Kosovo jika mampu mengalahkan Malta dengan syarat Azerbaijan gagal mengalahkan Kep. Faroe.

Degradasi
Liga A: Islandia dan Polandia sudah terdegradasi. Jerman harus menang di laga berikutnya jika ingin bertahan, sama dengan Kroasia.

Liga B: Swedia akan terdegradasi jika kalah dari Turki bulan depan. Irlandia Utara akan merosot jika Austria berhasil mencuri poin dari laga kontra Bosnia-Herzegovina.

Liga C: Estonia terancam degradasi jika kalah dari Hongaria. Slovenia juga akan terdegradasi jika kalah dari Siprus dan Norwegia tidak kalah dari Bulgaria.

Kenapa Penting?
Keempat juara grup di Liga A akan bermain di putaran final UNL pada Desember nanti. Keempatnya juga mendapat garansi satu tempat di Euro 2020 melalui babak play-off.

Tim yang promosi dari Liga B, C dan D akan bermain di Liga yang berada di atasnya di UNL berikutnya. Keempat juara grup masing-masing liga juga mendapat garansi satu tempat di Euro 2020 melalui babak play-off.

No comments:

Post a Comment

PARTAI HIDUP DAN MATI BAGAI NERAKA JAHANAM DI WANDA METROPOLITANO

BolaBoli - Atletico Madrid akan menjamu Juventus di Wanda Metropolitano pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2018/19, Kamis (22/2...